fbpx
Visi Pengadilan Agama Probolinggo yakni : “Terwujudnya masyarakat Probolinggo yang berkeadilan, sejahtera dan berakhlak mulia”

PENGADILAN AGAMA PROBOLINGGO MERAIH PREDIKAT “A EXCELLENT” SERTIFIKAT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (SAPM)

Pada tanggal 13 Juli 2018, bertempat di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur dimulai tepat pukul 13.30, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. M. HATTA ALI, S.H., M.H., menyerahkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) untuk lingkungan Peradilan Agama kepada 13 Pengadilan Tingkat Banding dan 132 Pengadilan Tingkat Pertama.

Pengadilan Agama Probolinggo merupakan salah satu yang menerima sertifikat dengan Predikat “A Excellent” yang diterima langsung oleh Ketua PA Probolinggo, Bapak Drs. M. EDY AFAN, M.H.

Akreditasi di lingkungan peradilan agama dinamai dengan Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM). Akreditasi ini meliputi empat aspek, yaitu manajemen pengadilan, administrasi kepaniteraan, administrasi kesekretariatan dan sarana-prasarana pengadilan.

Prosesnya dimulai dari Ditjen Badilag membentuk Komite SAPM, lalu menyiapkan pedoman SAPM, merekrut calon-calon assessor, kemudian melatihnya sekaligus mengadakan sosialiasi. Setelah itu, tiap-tiap PA/MS mempersiapkan diri, dengan membentuk Tim SAPM dan menyiapkan berbagai dokumen.

Proses selanjutnya adalah penilaian internal oleh masing-masing assesor internal PA/MS, dan dilanjutkan dengan penilaian eksternal yang dilakukan oleh tim assesor eksternal yang telah dibentuk oleh Badilag. Kemudian hasilnya dikirimkan kepada Komite SAPM Badilag untuk dilakukan verifikasi dan validasi atas hasil penilaian yang telah dibuat oleh assesor eksternal.

Akreditasi “A Excellent” yang telah diraih PA Probolinggo tersebut bukanlah akhir, melainkan awal dari babak baru dalam kinerja dan pelayanan. Tiap tahun akan dilaksanakan penilaian kembali oleh Tim Assesor Badilag sebagai monitoring dan evaluasi selama tiga tahun yang akan datang. (RAM)

Updated: August 1, 2018 — 07:58

Video Profile

© 2017 Pengadilan Agama Probolinggo IT_Paprob
Ubah Bahasa »