logo

Pemeriksaan Saksi Melalui Media Teleconfrence oleh Pengadilan Agama Probolinggo

Pada hari kamis, tanggal 30 April 2020 Masehi bertepat dengan 7 Ramadhan 1441 Hijriah pukul 10.00 WIB dalam rangka mewujudkan Peradilan Agama modern berbasis teknologi informasi da
Pemeriksaan Saksi Melalui Media Teleconfrence oleh Pengadilan Agama Probolinggo

Optimalisasi Aplikasi Layanan dari Dirjen Badilag pada masa Pandemi Covid-19

Dalam rangka mewujudkan Peradilan Agama modern berbasis teknologi informasi dan pelayanan publik yang prima serta mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, Direktorat Jenderal Bada
Optimalisasi Aplikasi Layanan dari Dirjen Badilag pada masa Pandemi Covid-19

Langkah Pengadilan Agama Probolinggo dalam MONEV Pelaksanaan Bekerja Dari Rumah WFH bagi seluruh Pegawainya

Menindaklajuti SEMA Nomor 3  Tahun 2020 Perubahan Kedua SEMA Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran COVID-19 Di Lingkungan Mahk
Langkah Pengadilan Agama Probolinggo dalam MONEV Pelaksanaan Bekerja Dari Rumah WFH bagi seluruh Pegawainya

Langkah Preventif Pengadilan Agama Probolinggo dalam Antispasi Penyebaran Covid-19 dengan tidak Mengurangi Kenyamanan Layanan Bagi Pencari Keadilan

Menindaklajuti arahan Bapak Ketua Pengadilan Agama Probolinggo pada Apel Senin Pagi, (16-3-2020) bahwa perlu langkah-langkah antisipasi dan turut mendukung upaya Pemerintah dalam p
Langkah Preventif Pengadilan Agama Probolinggo dalam Antispasi Penyebaran Covid-19 dengan tidak Mengurangi Kenyamanan Layanan Bagi Pencari Keadilan

Pengadilan Agama Probolinggo Bersama Disdukcapil Kota Probolinggo mempersiapkan Sinergisitas Pelayanan Publik di Kota Probolinggo

Selasa (10-3-2020) Pengadilan Agama Probolinggo melalui Ketua Ketua Pengadilan Agama Probolinggo Bapak Drs. Edy Afan M.H bertempat di ruang rapat Dinas Kependudukan Catatan Sipil K
Pengadilan Agama Probolinggo Bersama Disdukcapil Kota Probolinggo mempersiapkan Sinergisitas Pelayanan Publik di Kota Probolinggo

Biaya Perkara

Blangko Gugatan Yaitu Blanko untuk membuat gugatan atau permohonan secara mendiri

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 726

Pendaftaran Perkara

PENDAFTARAN PERKARA

Pertama :
Pihak berperkara datang ke Mahkamah Syar’iyah dengan membawa surat gugatan atau permohonan.

Kedua :
Pihak berperkara menghadap petugas Meja Pertama dan menyerahkan urat gugatan atau permohonan, minimal 2 (dua) rangkap. Untuk surat gugatan ditambah sejumlah Tergugat.

Ketiga :
Petugas Meja Pertama (dapat) memberikan penjelasan yang dianggap perlu berkenaan dengan perkara yang diajukan dan menaksir panjar biaya perkara yang kemudian ditulis dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM). Besarnya panjar biaya perkara diperkirakan harus telah mencukupi untuk menyelesaikan perkara tersebut, didasarkan pada pasal 182 ayat (1) HIR atau pasal 90 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor : 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama.
Catatan :

  • Bagi yang tidak mampu dapat diijinkan berperkara secara prodeo (cuma-cuma). Ketidakmampuan tersebut dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari Lurah atau Kepala Desa setempat yang dilegalisasi oleh Camat.
  • Bagi yang tidak mampu maka panjar biaya perkara ditaksir Rp. 0,00 dan ditulis dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM), didasarkan pasal 237 – 245 HIR.
  • Dalam tingkat pertama, para pihak yang tidak mampu atau berperkara secara prodeo. Perkara secara prodeo ini ditulis dalam surat gugatan atau permohonan bersama-sama (menjadi satu) dengan gugatan perkara. Dalam posita surat gugatan atau permohonan disebutkan alasan penggugat atau pemohon untuk berperkara secara prodeo dan dalam petitumnya.

Keempat :
Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali surat gugatan atau permohonan kepada pihak berperkara disertai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dalam rangkap 3 (tiga).

Kelima :
Pihak berperkara menyerahkan kepada pemegang kas (KASIR) surat gugatan atau permohonan tersebut dan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM).

Ketujuh :
Pemegang kas menyerahkan asli Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) kepada pihak berperkara sebagai dasar penyetoran panjar biaya perkara ke bank.

Kedelapan :
Pihak berperkara datang ke loket layanan bank dan mengisi slip penyetoran panjar biaya perkara. Pengisian data dalam slip bank tersebut sesuai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM), seperti nomor urut, dan besarnya biaya penyetoran. Kemudian pihak berperkara menyerahkan slip bank yang telah diisi dan menyetorkan uang sebesar yang tertera dalam slip bank tersebut.

Kesembilan :
Setelah pihak berperkara menerima slip bank yang telah divalidasi dari petugas layanan bank, pihak berperkara menunjukkan slip bank tersebut dan menyerahkan  Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) kepada pemegang kas.

Kesepuluh :
Pemegang kas setelah meneliti slip bank kemudian menyerahkan kembali kepada pihak berperkara. Pemegang kas kemudian memberi tanda lunas dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan menyerahkan kembali kepada pihak berperkara asli dan tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) serta surat gugatan atau permohonan yang bersangkutan.

Kesebelas :
Pihak berperkara menyerahkan kepada petugas Meja Kedua surat gugatan atau permohonan sebanyak jumlah tergugat ditambah 2 (dua) rangkap serta tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM).

Keduabelas :
Petugas Meja Kedua mendaftar/mencatat surat gugatan atau permohonan dalam register bersangkutan serta memberi nomor register pada surat gugatan atau permohonan tersebut yang diambil dari nomor pendaftaran yang diberikan oleh pemegang kas.

Ketigabelas :
Petugas Meja Kedua menyerahkan kembali 1 (satu) rangkap surat gugatan atau permohonan yang telah diberi nomor register kepada pihak berperkara.

Pendaftaran Selesai
Pihak/pihak-pihak berperkara akan dipanggil oleh jurusita/jurusita pengganti untuk menghadap ke persidangan setelah ditetapkan Susunan Majelis Hakim (PMH) dan hari sidang pemeriksaan perkaranya (PHS).

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Probolinggo Kelas IB

Jalan Raya Bromo KM.07 Kota Probolinggo
Jawa Timur 67223

(0335) 421736

(031) 4430559

paprob@pa-probolinggo.go.id