Pelatihan Service Excellent Tingkatkan Kualitas Layanan Garda Depan PA Probolinggo
Pengadilan Agama Probolinggo bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) KCP Probolinggo mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Service Excellent bagi para pegawai Pengadilan Agama Probolinggo pada tanggal 12 September 2024. Bertempat di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Probolinggo, kegiatan ini diikuti oleh pimpinan serta para pegawai PA Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan peradilan bagi masyarakat pencari keadilan.
Acara dimulai dengan sambutan pembuka dari Ketua Pengadilan Agama Probolinggo dan dilanjutkan dengan sesi sosialisasi produk dan layanan perbankan seperti tabungan, investasi, serta menu terbaru pada aplikasi BRIMo (BRI mobile). Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait service excellent dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias mengikuti sosialisasi tersebut dari awal hingga akhir kegiatan.
Ada yang berbeda dalam sesi pelatihan dimana para pegawai PTSP PA Probolinggo melakukan roleplay secara langsung di ruang PTSP dengan dibimbing oleh Pak Farhan selaku petugas BRI. Selama sesi tersebut, para pegawai PTSP PA Probolinggo mempraktekkan bagaimana cara menyambut pihak di pintu masuk, menjelaskan terkait nomor antrian beserta estimasinya, serta ketika memberikan informasi dan layanan peradilan agar meninggalkan kesan positif dan bermakna kepada masyarakat pencari keadilan. Selain itu, dalam sesi tersebut juga dibahas mengenai kode etik dan bahasa tubuh yang baik dan benar saat melayani konsumen, handling objection serta bagaimana mendinginkan suasana apabila terjadi konflik.
Ibu Siska Dwi selaku perwakilan dari BRI KCP Probolinggo menyampaikan bahwa kunci agar masyarakat selaku konsumen merasa puas dengan layanan yang diberikan terletak pada asas SMART (Sigap, Mudah, Akurat, Ramah, dan Terampil). Ketua PA Probolinggo, Bapak Ruslan Saleh, S.Ag., M.H., mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut merupakan salah satu komitmen berkelanjutan dalam rangka peningkatan kualitas layanan peradilan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Beliau juga menyampaikan harapannya agar ilmu yang telah disampaikan dapat diimplementasikan sesegera mungkin. Tim Medsos
Berita Terkait: