logo

PA Probolinggo mendapat kunjungan dari SMAN 4 Kota Probolinggo dalam rangka Pengenalan Lembaga Negara

      Pada hari Selasa siang (05/11/2024), PA Probolinggo mendapat kunjungan studi lapangan dari rombongan siswa-siswi Kelas XI pada SMA Negeri 4 Kota P
PA Probolinggo mendapat kunjungan dari SMAN 4 Kota Probolinggo dalam rangka Pengenalan Lembaga Negara

PA Probolinggo Laksanakan Upacara Hari Pahlawan untuk Menghargai Perjuangan Para Pahlawan

Pengadilan Agama Probolinggo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan  di Halaman Depan Kantor PA Probolinggo pada hari Minggu, 10 November 2024. Upacara Peringatan H
PA Probolinggo Laksanakan Upacara Hari Pahlawan untuk Menghargai Perjuangan Para Pahlawan

Pimpinan dan Aparatur PA Probolinggo Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Pengganti PTA Surabaya dan Panitera Pengganti PA Mojokerto

Berdasarkan Surat Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 2910/DJA/KP4.1.3/X/2024 Tanggal 10 Oktober 2024 Perihal tentang Hasil Rapat Tim Badan Pertimbangan Jabata
Pimpinan dan Aparatur PA Probolinggo Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Pengganti PTA Surabaya dan Panitera Pengganti PA Mojokerto

PA Probolinggo Laksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Muda Beserta Pengantar Alih Tugas Panitera Pengganti

Pengadilan Agama Probolinggo resmi melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera Muda yang baru atas nama Bapak Muzaki, S.H., M.H. sebagai Panitera Muda Permo
PA Probolinggo Laksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Muda Beserta Pengantar Alih Tugas Panitera Pengganti

Ketua PA Probolinggo Hadir dalam Uji Publik Membahas Peta Jalan Kota Probolinggo

Ketua Pengadilan Agama Probolinggo (Bapak Ruslan Saleh, S.Ag., M.H.) beserta Kasubag Kepegawaian dan Ortala (Ibu Atiqotul Maula Alfarihah, S.Ag., M.H.) menghadiri Uji Publik
Ketua PA Probolinggo Hadir dalam Uji Publik Membahas Peta Jalan Kota Probolinggo

Balnko Gugatan

Blangko Gugatan Yaitu Blanko untuk membuat gugatan atau permohonan secara mendiri

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Aplikasi Layanan Pembuatan Gugatan/Permohonan secara mandiri (Panduan dapat diakses melalui https://bit.ly/Panduan_Aplikasi)

aco

Aplikasi informasi secara online terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak yang sudah teregister/ terdaftar sebelumnya dan terkoneksi dengan SIPP

elitigasi

covidac

Aplikasi Validasi Akta Cerai untuk memvaliasi keaslian akta cerai yang dikeluarkan Pengadilan Agama Probolinggo

drivethrue

Layanan Pengambilan produk pengadilan secara daring melalui media pesan WA terenscript yang terkoneksi dengan layanan ambil langsung (Drive Thru-APP)

laporsakera

Layanan Antar Produk Pengadilan Sampai Ke Rumah untuk kaum disabilitas yang dikirimkan melalui PT. Pos Indonesia

tapelinggo

Layanan Terpadu Perubahan Status Masyarakat Probolinggo sehingga masyarakat bisa merubah identitas di Pengadilan Agama Probolinggo

pitagawai

Aplikasi Validasi Akta Cerai untuk memvaliasi keaslian akta cerai yang dikeluarkan Pengadilan Agama Probolinggo

sivero

Asisten Virtual Pengadilan Agama Probolinggo adalah aplikasi informasi secara virtual tentang pengadilan agama probolinggo

PSPPRO

Pintu Akses Khusus Pegawai untuk membatasi antara Pegawai dan Para Pihak

Fasum

IKM

IPK

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 1568

Quo Vadis RUU Jabatan Hakim

Oleh Achmad Fauzi

Wakil Ketua Pengadilan Agama Probolinggo

 hukum dan keadilan ilustrasi

Jabatan hakim transendental. Menembus langit ketujuh. Tugasnya berat menjalankan sebagian kekuasaan Tuhan. Menjadi pengadil di muka bumi. Pertanggungjawaban profesinya juga eksplisit tertera pada mahkotanya: Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Makanya, ancaman siksa bagi hakim tak adil di akhirat sangat berat. Misalnya, disembelih tanpa menggunakan pisau, satu kakinya menginjak neraka, dan masih banyak ancaman mengerikan lainnya.

Meski tugas hakim berat dan berpredikat Yang Mulia namun hingga kini belum ada aturan yang secara khusus mengatur jabatan hakim. Aturan tentang jabatan hakim masih menyebar dan parsial dalam beberapa peraturan perundang-undangan. Padahal, sudah tujuh puluh tahun Indonesia merdeka secara politik dan 18 tahun roda pedati reformasi hukum bergulir. Karena itu, sudah semestinya keputusan politik DPR memasukkan RUU Jabatan Hakim dalam Prolegnas.

Sejatinya pada tahun 2019 DPR telah memasukkan RUU Jabatan Hakim dalam daftar Prolegnas. Namun, dinamika politik bertegangan tinggi, membuat RUU Jabatan Hakim terkubur dalam tumpukan kertas kerja yang tak tahu sampai kapan diprioritaskan. Melihat urgensi dan kepentingan masa depan hukum, sudah sepatutnya DPR segera mengambil peran dan porsi untuk membahas RUU Jabatan Hakim. Beberapa persoalan krusial yang membelenggu independensi hakim perlu diinventarisir dengan mendengarkan masukan dari banyak pihak. Sehingga dasar filosofis dan politik hukum yang melatari terbentuknya undang-undang tersebut benar-benar berangkat dari kajian mendalam tentang kedudukan hakim dan memberikan jalan keluar bagi pengadilan sebagai pelaku kekuasaan kehakiman.

Pengesahan RUU Jabatan Hakim secara faktual menjadi conditio sine qua non. Sejak UUD 1945 diamandemen kedudukan kekuasaan kehakiman mengalami perubahan fundamental. Kedudukan lembaga peradilan semakin kuat karena mendapat garansi konstitusi. Hal ini dapat ditilik dari perubahan frasa fungsi pengadilan sebagai “pelaksana” menjadi “pelaku” kekuasaan kehakiman. Secara maknawi perubahan frasa tersebut diartikan bahwa pengadilan adalah subyek yang memiliki otoritas otonom dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Implikasinya, hakim sebagai pelaku kekuasaan kehakiman juga harus merdeka dari campur tangan pihak manapun.

Namun, persoalannya, hingga saat ini kemerdekaan hakim masih terbelenggu oleh statusnya yang “berkelamin” ganda. Meski dalam Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara menyebut hakim sebagai pejabat negara, namun atribut kepegawaian, mekanisme perekrutan dan pemberhentian, jenjang kepangkatan, sistem penggajian dan protokoler hakim masih mengikuti pola PNS. Karena itu, status hakim sebagai pejabat negara perlu afirmasi.

Pasal krusial

Pada tahun 2019 Badan Legislasi DPR memang sempat menyetujui secara bulat RUU Jabatan Hakim setelah melewati etape proses harmonisasi antarperaturan perundang-undangan dan pemantapan konsepsi. Namun terlepas dari tarik ulur penetapan RUU Jabatan Hakim sebagai Prolegnas, ada beberapa pasal krusial yang perlu dikritisi dalam draf yang beredar karena spirit filosofisnya telah keluar dari amanat UUD 1945.

Pertama, terkait gagasan kocok ulang hakim agung setiap lima tahun sekali. Pasal 32 ayat (1) RUU Jabatah Hakim menyatakan hakim agung memegang jabatan selama lima tahun dan dapat ditetapkan kembali dalam jabatan yang sama setiap lima tahun berikutnya setelah melalui evaluasi yang dilakukan oleh KY. Selanjutnya pada ayat (2) hasil evaluasi diserahkan ke DPR untuk mendapatkan persetujuan diangkat kembali sebagai hakim agung.

Nalar legislasi semacam ini tentu sebuah sesat pikir karena jabatan hakim agung dipersepsikan sebagai jabatan politis. Padahal sejak awal konstitusi sudah menggariskan bahwa kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan yang merdeka. Jika pasal tersebut tidak segera dicabut akan menimbulkan preseden buruk sebagaimana halnya terjadi pada era Orde Baru. Kekuasaan lain bisa turut campur tangan terhadap kekuasaan yudikatif melalui selubung evaluasi kinerja yang celakanya sudah masuk pada ranah teknis yudisial. Jika rongrongan terhadap kemerdekaan hakim melalui politik legislasi tersebut tidak segera dihentikan maka ke depan kita akan saksikan betapa besarnya arus politik dalam mempengaruhi kerja yudikasi. Hakim agung akan banyak tersingkir karena tidak memiliki kedekatan politik dan atau enggan menjalankan pesanan politik.

Jika akuntabilitas peradilan dijadikan dalil primer untuk mengevaluasi hakim agung tentu bukan cara yang tepat. Evaluasi ranah teknis yudisial melanggar norma universal tentang independensi peradilan. Hal ini dapat ditilik dalam Basic Principles on the Independence Judiciary yang diadopsi dalam Kongres VIII tentang The Prevention of Crime and the Treatment of Offender yang diadakan di Milan tanggal 26 Agustus - 6 September l985. Ketentuan tersebut kemudian disahkan oleh Majelis Umum PBB Resolution 40/32 of 29 November l985 and 40/146 of 13 Desember l985. Beberapa ketentuan dalam Basic Principles tersebut antara lain sikap tidak memihak, tanpa kendala atau pengaruh yang tidak pantas, bujukan, tekanan, ancaman atau intervensi, langsung atau tidak langsung, dari pihak manapun atau dengan alasan apapun.

Kedua, soal pengurangan batas usia hakim. Pasal 52 ayat (2) menyatakan bahwa hakim diberhentikan secara hormat karena telah berusia 60 tahun (hakim tingkat pertama), 63 tahun (hakim tinggi), dan 65 tahun (hakim agung). Pengurangan batas usia hakim tersebut sangat drastis dibandingkan aturan sebelumnya. Hal ini bentuk kemunduran berfikir karena gagasan tersebut justru memangkas bagian dari kesejahteraan hakim. Tugas hakim tidak memanggul senjata sehingga tidak relevan dilihat dari sisi fisiknya. Hakim adalah primus interpares, manusia unggul yang memiliki tingkat kearifan dan kebijaksanaan dinamis seiring pertambahan usianya.

Pola pembinaan    

Selain persoalan-persoalan di atas, pembinaan hakim adalah elemen penting yang juga perlu diatur secara komprehensif dalam RUU Jabatan Hakim. Pembinaan meliputi penempatan hakim, peningkatan kapasitas keilmuan dan integritas, evaluasi kinerja, mutasi dan promosi.

Penempatan hakim, misalnya, di samping memperhatikan kebutuhan lembaga hendaknya mengutamakan peningkatan kapasitas keilmuan. Berdasarkan prinsip pemerataan, hakim yang terlalu lama tugas di daerah perlu dimutasi ke tempat yang memiliki sarana pendidikan memadai. Sehingga penerapan sistem reward and punishment bisa diterapkan secara tepat, adil dan linear dengan program peningkatan mutu hakim.

Peningkatan integritas sebagai perisai hakim melalui desain pembinaan yang baik. Kedudukan dan fungsi KY sebagai pengawas etik harus diperkuat. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa korupsi yudisial telah menjadi bercak hitam yang terus terjadi dan merusak citra lemaga peradilan. Oknum pengadilan kerap menjadi target operasi tangkap tangan KPK karena tersangkut jual beli perkara.

Ombudsman RI berdasarkan hasil investigasinya selama 1 Januari 2014 - 31 Maret 2016 menemukan masih banyak praktik mafia yang menjanjikan dapat memenangi perkara dengan imbalan uang sekitar Rp25 juta-Rp80 juta. Temuan tersebut menjadi cacatan penting agar langkah preventif perlu diprioritaskan. Sebab, persoalan utama reformasi lembaga peradilan bukan lagi terletak pada kecakapan profesional, melainkan karena krisis integritas.

Hak keuangan

Hak keuangan hakim sebagai pejabat negara juga menjadi isu yang penting diperhatikan oleh DPR. Meski tidak ada penelitian sahih yang mengemukakan korelasi positif antara penaikan penghasilan dengan tingkat korupsi, namun kesejahteraan juga merupakan salah satu hal yang elementer.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim yang berada di bawah Mahkamah Agung memang telah mengatur hak-hak keuangan hakim, namun belum semuanya terealisasi. Mulai dari jaminan keamanan, protokoler, dan jaminan kesehatan.

Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi Hasan saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR pada Rabu (2/6) menceritakan betapa hakim masih ada yang tinggal di tempat terpencil. Fasilitas seadanya dan jauh dari keluarga. Mereka harus menyeberang pulau naik kapal menuju tempat kerja. Bahkan ada yang berbulan-bulan tidak pulang. Yang memprihatinkan banyak hakim meninggal tanpa didampingi keluarga. Karena itu, desain besar pengesahan RUU Jabatan Hakim merupakan langkah politik yang harus diprioritaskan oleh DPR agar ke depan hakim-hakim di Indonesia memiliki status yang jelas, hak-haknya terjamin, sehinga dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya tidak lagi memikirkan persoalan-persoalan di atas dan lebih fokus mengadili perkara dengan melahirkan putusan-putusan yang memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Probolinggo Kelas IB

Jalan Raya Bromo KM.07 Kota Probolinggo
Probolinggo,
Jawa Timur 67223

(0335) 421736

(031) 4430559

[email protected]
Tabayun ([email protected])



Jam Layanan

Jam Kerja

Senin - Kamis :

Pukul 07.30 - 16.00

Jum'at :

Pukul 07.00 - 16.00

Jam Sidang

Senin - Jumat :

Pukul 08.30 - 15.30

 




banner